My 2014 in Kdrama

2014 marked a milestone for my addiction to kdrama, the addiction has stepped on a whole new level – worsen if I may say. I did all the things that I have never thought or vowed not to do related to consuming this type of entertainment. So to commemorate this ‘important’ year, I would like to share my list of kdrama that I watch throughout the year, whether a new release or a classic, by that I mean previous year.

2014

But before that, let me tell you why I think that 2014 is a milestone and how my kdrama addiction got worse:

It’s the year when: I watched constantly through a streaming site...

Waah! Gue udah nonton kdrama sejak 2005 dan betapa teknologi sudah sangat berevolusi dan mengkonsumsi kdrama jauuuh lebih mudah daripada dulu. Berharap hal ini tidak membongkar umur gue; gue udah ngalamin mungkin hampir semua cara yang memungkinkan untuk menikmati kdrama.

  • Ketika kdrama belum booming seperti sekarang, VCD dan DVD lah yang jadi media gue… hanya bisa menonton setelah release di Indonesia artinya hanya bisa nonton kdrama yang di approve oleh pemerintah Indonesia atau badan apa pun yang mengimpor kdrama.
  • Ketika gue diberikan akses internet yang melaju dengan kecepatan tinggi, gue bisa download 10 episode kdrama dalam 5 menit, fansubber berbahasa inggris mulai menjamur sehingga memudahkan untuk mendapatkan subtitle walau harus menunggu beberapa minggu. Di kala itu salinan kdrama yang gue punya bisa gue save dan hapus sesukanya, habis gampang dapetinnya… jadi harta itu kurang dihargai.
  • Ketika gue dikembalikan ke negara yang internetnya kayak siput? kembali ke DVD bajakan dengan subtitle yang seadanya. Bukannya menikmati, gue malah frustasi liatnya… so I gave up.
  • Ketika kdrama mulai booming di Indonesia, salinan kdrama bisa didapat secara online… tapi tetap dengan subtitle yang kurang mumpuni ples gue pernah jadi working housewife dan lagi nambah anak, jadi kegiatan kdrama sempat aga menjauh dari kehidupan gue (masa-masa kegelapan).
  • Ketika kdrama sudah sangaat booming di Indonesia, dan semakin banyak temen-temenku yang diejek karena suka nonton kdrama; gue menemukan suatu blog yang bisa menyuplai kdrama dengan subtitle inggris dan indonesia satu hari setelah tayangnya di Korea. Woow!! Untuk beberapa saat, blog itu lah yang jadi pahlawan gue sampai akhirnya…
  • Ketika komputer gue kena virus karena kebanyakan download, gue sempet berpikir mungkin saat itulah saatnya berhenti nonton kdrama; tapi tampaknya alam berkata lain karena kemudian gue menemukan website yang paling mantap: www.dramafire.com. Website ini mengagumkan, karena semua episode ditayangkan secara full tanpa dipecah menjadi beberapa bagian, subtitle-nya bagus banget, iklannya hampir ngga ada, dan episodenya di upload beberapa jam setelah tayang di Korea. Jadi kalau jadwal siarnya Rabu dan Kamis jam 20:00; kita udah bisa nonton di Kamis dan Jumat pagi. Dan yang lebih okenya lagi, it’s free!!

Maka sejak itulah gue ga pernah lagi download-download dan hanya cukup mengakses website tersebut untuk bisa memuaskan kecanduan gue. Alhasil gue ga punya salinan kdrama apa-apa jadi rada susah untuk re-run dan langsung belingsatan ketika website itu down.

It’s the year when: I started watching live

And by live I mean watching it while the show is still running in South Korea. Dulu karena gue tau gue tipe yang ga sabar nunggu, strategi gue adalah menunda sampai sebuah drama selesai disiarkan baru gue tonton marathon. Apalagi ketika subtitle masih harus menunggu… daripada gue tersiksa, makanya mendingan diselesaiin dulu, didapetin dulu salinan nya, baru deh! nonton kapan pun gue suka.

Kebiasaan itu kemudian diperlunak dengan peraturan baru… setidaknya setelah kdrama ada di episode terakhir, karena gue tahu gue ga bakal bisa nyelesaiin 12 episode dalam dua hari… jadi pada saat gue sampai di bagian akhir, episode-episode itu sudah tersedia.

Tapi kemudian, di tahun kuda ini (eh, 2014 kuda kan yaa??), Cha Seung Won dipasangkan dengan Lee Seung Gi; Jang Hyuk reuni dengan Jang Nara yang selalu keliatan muda dan Yoo In Na dan Jin Yi Han punya chemistry yang begitu kuat untuk dilewatkan… ditambah di penghujung tahun ada Park Shin Hye dan Lee Jeong Suk yang berpasangan di sebuah drama dengan premis yang menarik. Akhirnya luluh semua pendirian gue, biarlah gue nunggu tiap minggu yang penting gue bisa merasakan sensasinya sekaraaang. Dan memang, sensasi memuaskan sesuatu setelah menunggu seminggu itu rasanya gimaaanaaa gitu, tapi untuk kepuasan menonton dan cerita memang lebih enak setelah semua release sih, karena kadang emosi kita di minggu sebelumnya udah ga kebawa di minggu ini, sehingga episode minggu ini mungkin ga semenyentuh bila kita marathonkan dengan minggu yang sebelumnya.

It’s the year when: I started watching weekend drama

Dulu gue berprinsip (lagi) bahwa gue ga akan pernah nonton weekend drama yang biasanya memiliki jumlah episode lebih dari 24. Selama ini, kdrama paling panjang yang pernah gue tonton adalah shining inheritance sejumlah 28 episode; yang untungnya ga berasa panjang karena jalan cerita yang oke dan Lee Seung Gi tentunya.

Tapi kemudian Lee Dong Wook berniat untuk reuni dengan Lee Da Hae, partnernya dari My Girl yaitu salah satu kdrama yang membuat gue kecanduan di awal penyakit gue ini. Ketika gue bingung ga ada kerjaan di libur lebaran, menemani bayi kecil tidur karena si embak lagi mudik… maka gue berpaling ke kdrama. Gue pilih sesuatu yang gue rasa akan mudah gue tinggalkan, maka gue pilih lah si Hotel King ini, kesekian kalinya gue salah… karena gue orangnya committed maka gue tidak akan pernah bisa tidak menyelesaikan apa yang gue mulai, tak terkecuali apa lagi kdrama. Mudah-mudahan hal ini pertama dan terakhir kalinya… (berusaha tidak tergoda dengan What’s up with my Family’nya Kim Hyun Joo dan empress Ki-nya Ha Ji Won yang katanya bagus banget.)

It’s the year when: I started writing recap

Okaay… memang tidak sebagus recapnya Dramabeans, tidak secepat dan tidak se-konsisten juga maksudnya, hihihi… Jadi malu sama serial the heirs gue yang ga kelas-kelar. Masa’ setahun ga selesai juga rekapnya. Hahaha, untung ga banyak yang baca jadi ga ada yang protes juga kalau rekap gue kelamaan. Tapi karena gue orangnya committed, gue janji akan gue selesaiin… berapa pun lamanya dan apa pun yang harus gue lakukan.

It’s the year when: I stalked on tumblr, instagram, facebook, soompi forum due to a kdrama

Salah satu jeleknya menonton secara live… pikiran gue ga berhenti mikirin kdrama itu, alhasil gue browsing kemana-mana berharap mendapatkan sedikit berita tentang obsesi gue saat itu. Thank God for all the die-hard fans di luar sana yang begitu berdedikasi dan sangat kreatif. Mereka menciptakan account tumblr khusus untuk drama tersebut, mengeluarkan gambar-gambar gif untuk adegan-adegan terbaik, membagi pemikiran mereka tentang episode-episode nya, menginformasikan perkembangan terbaru, mengundah footage dibalik layar dan membahas bersama keblunderan atau keromantisan yang terjadi yang membuat kami menjerit serempak walaupun tidak di lokasi yang sama.

Alhasil yang ada di laman Google gue adalah alamat tumblr untuk pinocchio, drama beans, dramafire, dramafever; begitu juga dengan halaman utama browser di hape. Hahaha, jadi malu… ntar dikira gue ga kerja lagi. Kerja koook, kan work hard play harder ya? Or is it the other way around?

So now you see why 2014 is an important moment for y kdrama addiction, right? That’s why I want to celebrate it with reviewing all the kdrama I’ve watched throughout 2014. Who knows, I might do this every year, or for every kdrama. Hahaha, that would be another milestone all on its own. The list is based on the timing of the drama and/or the timing that I watched it; if I am not mistaken… but it’s not really a big deal anyway, kan?

Prime Minister and I (KBS2: 09/12/2013 – 04/02/2014)

Screen Shot 2015-01-09 at 5.45.30 PMBuat gue, kdrama adalah kejutan yang menyenangkan… walaupun bukan penggemar kedua pemain utamanya: Yoona dan Lee Beom Soo… tapi premisnya tampak menarik (kawin kontrak adalah salah satu premis andalan kdrama yang sukses untuk membangun cerita cinta). Karena beberapa kejadian kebetulan seorang reporter tabloid hiburan Nam Da Jeong (Yoona) tiba-tiba harus pura-pura menjadi tunangan seorang politikus muda berbakat yang baru saja terpilih jadi perdana mentri Korea Selatan (Lee Beom Soo). Duda dengan anak tiga ini dari luar terlihat sempurna secara kehidupan politik, tapi kehidupan pribadinya? Ga terlalu… dia kaku dan disiplin, keras dan selalu berantem dengan anak-anaknya dan memendam luka cukup dalam setelah ditinggal mati oleh istrinya. Tapi Nam Da Jeong yang selalu positif dan punya perilaku seize the moment akhirnya berhasil mengambil hati ketiga anaknya dan bahkan berhasil membuat sang perdana menteri jatuh cinta, sampai… misteri tentang kematian istrinya terkuak.

Secara detil gue udah lupa bagaimana akhir dari drama ini, yang mengindikasikan bahwa drama ini cukup forgettable. Tapi gue cukup ingat bahwa gue merasa senang paruh pertama kdrama ini dan mengatakan pada diri gue, “lumayan juga”; tapi kemudian di beberapa episode terakhir cerita jadi aga bertele-tele dan pada akhirnya tidak sesuai dengan harapan gue. Jadi, sekali tonton cukup… tidak perlu diingat-ingat lagi.

You Who Came From The Star (SBS: 18/12/2013 – 27/02/2014)

Screen Shot 2015-01-09 at 5.44.46 PMPersonally (please don’t kill me..) gue ga kena hype-nya kdrama ini. Memang Kim So Hyun dan Jeon Ji Hyun aktingnya bagus banget, tapi secara keseluruhan tidak mampu mengetuk hati gue. Jadi ketika semua orang menghebohkan drama ini, sampai-sampai ada sinetron Indonesia yang njiplak plek-plekan, gue rada heran juga… a bit overrated to my taste.

Kim So Hyun adalah alien yang datang ke bumi 400 tahun yang lalu yang kemudian ketinggalan pesawat dan akhirnya stuck di bumi ga tau caranya pulang. Ia kemudian hidup layaknya manusia bernama Do Min Joon. Ketika akhirnya dia menemukan jalan pulang, ia malah bertemu dengan Chun So Yi, seorang diva kelas tinggi yang rada oon tapi snob, dan jatuh cinta dengannya. Entah kebetulan atau tidak, tapi Chun Song Yi kecil mirip dengan gadis 400 tahun lalu yang ia temui ketika pertama sampai di bumi, yang kemudian diselamatkan oleh Do Min Joon ketika hampir mengalami kecelakaan mengerikan. Setelah beberapa kejadian blunder dan lucu, mereka akhirnya jatuh cinta… namun ketika akhirnya mereka bisa saling mencintai dengan bebas itulah, Do Min Joon harus pulang numpang naik komet yang hanya lewat berpuluh (atau beratus) tahun sekali.

Adegan perpisahannya, gue akuin memilukan hati banget… dan interaksi antara Do Min Joon dan Chun Song Yi ketika masih berantem-berantem lucu abis. Tapi ya sudah, sampai disitu dan terimakasih; kdrama ini belum bisa masuk ke 10 kdrama terbaik pilihan gue, bahkan 20.

Emergency Couple (TVN: 24/01/2014 – 29/03/2014)

Screen Shot 2015-01-09 at 5.27.38 PMChoi Jin Hyuk… Choi Jun Hyuk… Choi Jin Hyuk… pada dasarnya itulah tiga alasan gue nonton kdrama ini. Tapi pada akhirnya gue suka banget kdrama ini dan bersyukur bahwa gue memberinya kesempatan.

Oh Chang Min (Choi Jin Hyuk) adalah seorang mahasiswa kedokteran yang sudah sampai di level koas, dan ditempatkan disebuah rumah sakit ternama di Seoul; kebetulan dia dikelompokkan di sebuah grup yang tugas pertamanya ditempatkan di Ruang Gawat Darurat dan kebetulannya lagi satu grup dengan cewek yang dia kenal, bukan cuma kenal… bahkan mantan istrinya Oh Jin Hee (Song Ji Hyo). Di awal kita lihat betapa mereka saling membenci karena kehidupan pernikahan mereka yang gagal, … selalu memandang … sebelah mata dan menganggapnya bodoh. Tapi serangkaian kejadian membuatnya melihat … dengan berbeda dan bahkan jatuh cinta lagi. Sayangnya, kepala ruang UGD mereka Gook Chun Soo (Lee Pil Mo) juga rada naksir sama sang mantan. Yang baik dari hal ini, adalah malah mempercepat proses pengakuan Chang Min bahwa ia masih mencintai sang mantan.

Sekali lagi, gue suka dengan premisnya… suatu tema besar mengenai “Cinta pertama adalah Cinta Terbaik”; Chang Min dan Jin Hee menikah di usia yang sangat muda… dan akibat pernikahan yang ditentang oleh keluarga Chang Min yang kaya raya, mereka harus berjuang cukup keras di tahun-tahun awal pernikahan mereka. Ketidaksiapan berumahtangga itu membuat mereka semakin menjauh dan malah saling membenci. Bertahun-tahun kemudian ketika mereka sudah lebih dewasa dan lebih mencoba untuk mengerti tentang masing-masing, mereka jatuh cinta lagi yang berarti bahwa selama ini bukan cinta yang hilang, tapi kedewasaan. Suatu contoh juga bahwa sebagai wanita, kita harus punya impian… karena wanita yang punya impian dan mengejar mimpinya itu tampak lebih menarik daripada wanita yang hanya mengikuti secara buta lelaki yang dinikahinya.

I Hear Your Voice (SBS: 05/06/2013 – 01/08/2013)*

Screen Shot 2015-01-10 at 10.33.44 AMJangan diketawain yah, tapi gue baru nonton I Hear your Voice hampir setahun setelah di release. Metode yang gue pakai dalam memilih drama adalah 1)Aktor & Aktris; 2)Penulis; 3)Premisnya; dan karena untuk persyaratan pertama udah ga masuk… gue jadi rada mandang sebelah mata. Ditambah lagi gue ga terlalu kenal penulisnya walaupun dari segi premis, IHYV sangat menarik karena gue suka banget drama yang ada bumbu fantasinya gitu. Tapi kemudian entah gimana gue akhirnya mengklik judul ini dan akhirnya sukses menikmati salah satu drama terbaik di tahun 2013.

Jang Hye Sung (Lee Bo Young) adalah seorang pengacara di sebuah LBH milik pemerintah di salah satu area di Seoul. Karena masa kecilnya yang keras karena beberapa kejadian yang membuatnya disalahpahami, Hye Sung tumbuh menjadi seorang gadis yang sinis, tidak peduli dan sedikit kasar. Ia tidak peduli dengan kasus-kasus yang ditanganinya, hanya mementingkan uang dan akhirnya dipandang sebelah mata oleh kolega se-profesinya. Sampai suatu ketika ia bertemu dengan Park Soo Ha yang dengan aneh bisa membaca semua pikirannya bila mereka bertatap muka. Sejarah mereka ternyata dimulai berpuluh-puluh tahun lalu ketika Hye Sung menjadi saksi kunci pembunuhan ayah Soo Ha di depan matanya (poor boy!). Akibat kesaksian Hye Sung, pembunuhnya berhasil dijebloskan ke penjara dan Soo Ha merasa berutang budi kepada Hye Sung. Tapi, bertahun-tahun kemudian pembunuh itu dibebaskan karena berkelakuan baik dan sekarang mengincar mereka berdua.

Di tahun 2013 gue belum totalitas kembali ke kecanduan gue, jadi ga banyak kdrama yang gue lahap saat itu. Karena itu walaupun sekarang gue ga bisa inget secara detil bagaimana kdrama ini berjalan, tapi gue yakin bahwa kdrama ini salah satu yang terbaik di tahunnya. Namun begitu, sama seperti You From Another Star, gue juga ga terlalu kena hypenya; mainly karena gue bukan penggemar berat kedua pemerannya… jadi walaupun setiap episode sukses membuat gue tegang tapi kdrama ini tidak cukup membekas di hati. Ples, gue kurang on board sama premis noona romance. Hihihi, jangan digebukin yah!

Hotel King (MBC: 05/04/2014 – 27/07/2014)

Screen Shot 2015-01-10 at 10.46.04 AMTahun 2014 adalah tahunnya reuni dan salah satu yang paling diantisipasi adalah reuninya Lee Dong Wook dan Lee Da Hae dari kdramanya Hong Sister My Girl yang release tahun 2005. Sebagai penggemar kdrama itu, gue excited banget denger kabar ini tapi kemudian melengos ketika tahu formatnya adalah weekend drama yang notabene episodenya banyak. Tapi seperti yang gue singgung di atas, pada akhirnya gue ngikutin juga. Bagaimana gue bisa nahan untuk ga nikmatin chemistry nya Lee Dong Wook dan Lee Da Hae di sebuah kdrama berlatang belakang kehidupan hotelier?

Cha Jae Wan (Lee Dong Wook) adalah seorang General Manager di Hotel Ciel, seorang Hotelier muda berbakat yang di rekrut pemilik hotel langsung dari Las Vegas. Tapi Cha Jae Wan punya agenda lain dengan menjadi GM di hotel tersebut, yaitu membalas dendam pada sang pemilik yang ia ketahui sebagai ayahnya. Ketika pemilik hotel tersebut meninggal dengan cara yang sangat mengerikan, putri tunggalnya datang dan mencoba untuk menggantikan peran Ayahnya. Ah Mo Ne yang terkenal manja, diva dan ga tahu apa-apa tentang hotel Ciel berusaha untuk mempertahankan Hotel yang dibangun ayahnya dari kecil sambil memecahkan misteri pembunuhan tersebut. Di dalam perjalanan itu, ia jatuh cinta dengan sang GM. Lho, tapi kan dia kakaknya… apa iya?

Gue selalu suka kdrama yang latar belakangnya hotelier… bahkan pernah membuat gue pingin kerja di bidang itu; jadi gue ga keberatan pada akhirnya ketika gue harus menghabiskan 32 jam mengikuti sebuah cerita yang rumit dan sedikit mengada-ada hanya karena gue bisa lebih tahu bagaimana kehidupan di lingkungan perhotelan. Chemistry antara kedua tokoh utama ga bisa dipungkiri dan menjadi satu-satunya hal yang membuat gue bersyukur gue nonton kdrama ini. Tapi selain itu, gue ga suka dengan konfliknya yang dibuat-buat, hubungan antar karakter yang kelewat mbulet dan Ah Mo Ne yang selalu harus ditolong oleh Cha Jae Wan; betapa gue berharap ia bisa dengan usahanya sendiri menaklukan semua orang yang menjahati ayahnya dan berkonspirasi menjatuhkan dirinya. Oh Well.. boleh dong berharap.

A New Leaf (MBC: 30/04/2014 – 26/06/2014)

Screen Shot 2015-01-09 at 6.15.38 PMNothing to write, really… gue cuma sampai sekitar episode 4 kemudian terpaksam meninggalkan dunia ke koreadramaan untuk kerja. *sigh, pekerjaan mengganggu kecanduan gue. Hahaha…

Kim Seok Joo (Kim Myung Min) adalah seorang pengacara yang sangar, ga kenal ampun dan selalu memenangi semua perkaranya. Bekerja di sebuah firma hukum ternama di Korea Selatan, ia menjadi wakil legal untuk banyak perusahaan besar yang tidak segan-segan untuk melakukan apa pun untuk menang. Tapi karena sebuah kecelakaan ia harus hilang ingatan dan membuatnya menjadi memiliki kepribadian yang 180 derajat bedanya. Dengan dibantu seorang pemagang Lee Ji Yoon (Park Min Young), dia berusaha untuk kembali bangkit.

Nah kalau untuk terakhirnya gimana atau kesan gue gimana… gue ga bisa cerita juga, lha wong ga kelar. Yang pasti ada Park Min Young (yang gue suka banget) dan Jin Yi Han (yang gue cinta banget). The end…

Answer Me 1997 (TVN: 24/07/2012 – 18/08/2012)*

Screen Shot 2015-01-09 at 5.54.51 PMDuduk di kamar rumah sakit, menunggui suami setelah operasi… ga ada kerjaan… apa yang gue lakukan? Menghabiskan bandwith rumah sakit untuk nonton kdrama ini. Hahaaha… Gue girang banget ketika gue bisa streaming kdrama ini dan marathon selama 2 hari. Di hari ketiga, ga bisa connect sama sekali, gue curiganya sih gue menghabiskan batasan penggunaan bandwidth rumah sakit itu. Hahaha, untung besoknya pulang… semoga IP address gue ga dilacak. Nanti di charge, berabe doong…

Gue udah denger gosip bahwa drama ini bagus banget… makanya gue bersyukur banget akhirnya gue mencobanya dan langsung jatuh cinta. Menceritakan kehidupan 6 sekawan yang sudah berteman dari ketika SMA bahkan lebih kecil dari itu, tapi cerita baru terjadi semenjak tahun 1997 karena di tahun itulah semuanya berubah: cinta mulai bersemi, kebahagian dan kesedihan menerpa, permusuhan dan perpisahan terjadi. Tapi pada akhirnya semua permusuhan bisa diselesaikan dan 6 sekawan itu masih tetap bersama dan berkumpul kembali di sebuah reuni SMA yang membuat mereka bernostalgia masa-masa paling bahagia itu, tahun 1997.

Menarik banget konsep yang dikedepankan, ke-16 episode itu intinya adalah nostalgianya Shung Si Won (Jung Eun Ji) yang mengingat-ingat bagaimana drama dalam kehidupannya dimulai di tahun 1997; dari kelima cowok yang ada dikehidupannya, salah satu akan menjadi suaminya… selama 16 episode kita diberikan petunjuk-petunjuk dan digoda-goda penulis untuk menebak yang mana yang akan jadi suaminya itu. Hal lain yang menarik adalah kalau kita kelahiran tahun 80an, ketika 1997 adalah masa remaja kita juga… film ini bisa bikin kita cengir-cengir sendiri mengingatnya. Ketika kita main tamagotchi, handphone belum ditemukan dan harus puas dengan pager, belum lagi celana baggy itu. Hahaha… so good. Faktor keluarga dan pertemanan sangat ditonjolkan disini, yang membuat drama ini begitu menghangatkan hati. Belum lagi OSTnya, yang membuatnya masih bertengger di playlist gue dan selalu menemani gue jogging “All For You” yang dinyanyikan oleh 2 pemeran utama Seo In Gook dan Jung Eun Ji. Four thumbs up!

Answer Me 1994 (TVN: 18/10/2013 – 28/12/2013)*

Screen Shot 2015-01-10 at 4.10.09 PMOw, how time has passed and how the skill of someone has developed… gue masih inget 6 tahun yang lalu gue terkesan banget sama satu kdrama judulnya Who Are You, tentang seorang bankir galak yang didatangi oleh arwah ayahnya. Kdrama itu secara mengejutkan sangat menghangatkan hati dan bisa menyentuh hati dengan suksesnya. Satu-satunya yang gue ga suka cuma pemeran perempuannya = Go Ara. Mungkin saat itu dia masih hijau banget, tapi gue ngga merasakan aktingnya sama sekali dan hanya mengandalkan wajah cantiknya. Makanya aga mikir juga ketika gue lihat pemeran utama dari franchise seri Answer Me ini adalah beliau… tapi karena mengingat kesuksesan seri 97nya maka akhirnya gue ceburkan diri ke kdrama yang satu ini. Dan, Alhamdulillah gue diberikan kejutan menyenangkan lainnya.

Dengan konsep dan format yang sama hanya sedikit twist disana-sini, Answer Me 1994 mengambil satu set grup pertemanan lagi yang dipertemukan dalam sebuah rumah kos. Di tahun 1994 ketika boarding house masih menjamur di Korea, orang tua Suh Na Jong (Go Ah Ra) membuka rumahnya untuk anak-anak kuliahan dan mendapatkan 6 anak yang menjadi penghuninya yang kebanyakan adalah anak desa yang mengenyam pendidikan di kota besar. Sepanjang cerita kita hanya diberikan nama panggilan keenamnya: “Sampah”, mahasiswa kedokteran jorok yang sudah dianggap kayak anak sendiri; Chil Bong, pemain baseball berbakat; Sham Chun Po, anak dari kota Samcheonpo yang kaku dan kuper, Hae Tae, anak dari kota kecil lainnya yang selalu berpura-pura menjadi orang Seoul, “Smiley” adik kelasnya Sampah yang kayaknya naksir dia (nah lho!), dan Yoon Jin cewek fangirl yang tergila-gila sama Seo Taiji, boyband angkatan pertama.

Mengangkat konsep “hayo tebak suamiku yang mana…” Reply 1994 lebih menyoroti perjuangan keenam anak yang baru beranjak dewasa dalam menaklukan kota besar yang bernama Seoul, persahabatan yang terjalin dari masa kuliah hingga tahun 2002 ketika berakhirnya era rumah kos di kota itu. Mencari jati diri dan berusaha bertahan ketika krisis moneter menyerang Korea Selatan seperti semua negara di seluruh dunia. Walaupun secara timing, udah ga kena di gue (hahaha, ga setua itu) tapi Reply 1994 bisa memberikan suatu hiburan dan pelajaran berharga buat kita, bahwa ada masanya ketika kita tidak tahu segalanya dan segalanya tampak tidak pasti, tapi kalau kita tegar, sabar hati dan tekun maka semua itu akan berlalu dan kita akan tertawa bernostalgia di apartmen mewah bersama keenam sahabat kita.

You’re All Surrounded (SBS: 07/05/2014 – 17/07/2014)

Screen Shot 2015-01-10 at 3.18.26 PMLee Seung Gi + Cha Seung Won… sign me up instantly. Kayaknya kdrama ini lah yang membuat gue melepaskan semua prinsip gue dan langsung menonton secara live, berjuang melawan kesengsaraan menunggu 6 hari untuk episode berikutnya. Tapi anehnya, bahkan sekarang gue udah lupa ceritanya apa. Kikikik…

Eun Dae Gu (Lee Seung Gi), Oh So Sun (Go Ara) beserta dua temannya adalah lulusan terbaru di kepolisian distrik Gangnam; tapi tak ada satupun yang benar-benar bercita-cita untuk menjadi detektif jadi ketika mereka bekerja tanpa hati dan ditempatkan di unit dibawah pimpinan seseorang yang gampang naik pitam seperti Seo Pan Seok (Cha Seung Won), bisa dibayangkan gimana blunder dan penuh ketegangannya hari-hari pertama mereka sebagai polisi. Eun Dae Gu punya agenda sendiri dengan berada disitu, karena dia percaya bahwa Pan Seok ada hubungannya dengan pembunuhan ibunya bertahun-tahun lalu, ketika Dae Gu masih bernama Kim Ji Yong, tinggal di kota kecil bernama Masan dan masih menjadi adik kelas (tapi pernah berantem) sama Oh So Sun. Misteri mulai terkuak seiring dengan semakin berkembangnya keempat detektif ingusan tersebut; ditambah cerita cinta antara mantan musuh.

Menilai pemerannya satu persatu maka gue bisa bilang semua bermain bagus… Lee Seung Gi bukan lagi cowo cengengesan seperti di drama-drama sebelumnya, jadi sesuatu yang baru melihat Seung Gi cemberut dan ngedumel sepanjang waktu. Cha Seung Won ga perlu dinilai karena dia adalah salah satu bias gue, walaupun dengan rambut yang kurang gue approve tapi penampilannya sebagai kapten yang disiplin, keras tapi memiliki banyak luka, bisa memenangkan hati gue. Begitu juga dengan ketiga rookie lainnya, gue suka banget dengan perkembangan karakter mereka sehingga pada akhir cerita mereka menjadi polisi-polisi yang lebih passionate terhadap pekerjaan mereka. Tapi kdrama ini gagal mengetuk hati gue, sehingga tidak membekas ketika gue harus menceritakan kembali berbulan-bulan kemudian. Dari segi Teknis gue kasih nilai 8, dari segi emosi, mungkin 6 yaa…

Fated to Love You (MBC: 02/07/2014 – 04/09/2014)

Screen Shot 2015-01-09 at 5.32.31 PMAnother Reunion!! Jang Hyuk dan Jang Nara pertama kali main bareng di Success Story of a bright girl tahun 2002. 12 Tahun kemudian, yang cowo tambah ganteng… yang cewek tambah keliatan muda. Makannya apa sih ini orang-orang? Fated to Love you adalah remake drama taiwan terkenal dengan judul yang sama… tdrama itu begitu terkenal sehingga versi korea ini jadi hype bahkan sebelum jadwal tayangnya.

Untungnya yang dimaksud remake disini, adalah mengkoreanisasikan drama tersebut, sehingga walaupun secara garis besar sama dengan versi taiwan, tapi feel yang didapatkan masih Korea. Kalau kata juri American Idol: “Take the song and make it your own!”

Jang Hyuk memerankan seorang chaebol generasi ke-9 bernama Lee Gun, yang mana ayah sampai kakek moyangnya punya tendensi mati muda; suatu ketika ia berlibur ke macau dan ngga sengaja minum ramuan yang membuatnya mabok sekaligus horni berat. Secara kebetulan Kim Mi Young (Jang Nara) meminum ramuan yang sama dan masuk ke kamar Jang Hyuk… maka terjadilah hal-hal yang tidak disukai orang tua, dan Jang Nara berakhir hamil. Tidak seperti kdrama biasanya, nenek Lee Gun malah happy berat karena mau punya cucu… maka mereka pun dipaksa nikah walaupun sebenernya Jia sudah punya pacar. Kim Mi Young yang tadinya seorang perempuan pemalu dan ga pernah bisa bilang ‘tidak’ ke orang, perlahan menjadi lebih percaya diri dan kuat.. akibat cerita cintanya dengan Lee Gun dan dukungan dari pria lain yang ia kenal secara kebetulan. Seorang product designer yang lagi tenar, Daniel (Choi Jin Hyuk).

Gue suka banget sama Kim Mi Young… karena dia mirip gue. Hahaha! Jadi gue ikutan menangis haru saat Lee Gun bisa melihat keistimewaannya ketika semua orang menginjak-injak dirinya. Jang Hyuk kocak banget, walaupun gue benci banget sama rambutnya… tapi dia bisa banget main di komedi dan pada akhirnya bahkan ketawanya yang annoying itu bisa jadi cute. Overall, it is a very good drama… sesuatu yang bisa membuat kita tertawa, terharu dan tersipu bersama karakternya.

My Secret Hotel (TVN: 18/08/2014 – 14/10/2014)

Screen Shot 2015-01-09 at 5.35.36 PMTiga huruf: Jin Yin Han… oh no! suaranya… seksi abiiiss dan gue selalu suka dengan aktor yang ternyata multi talented kayak dia atau Park Shin Hye. Mungkin lagi musimnya, Secret Hotel bercerita tentang mantan pasangan yang kemudian ketemu lagi lalu bersatu… setema dengan Emergency Couple dan Discovery of Romance, tapi kdrama ini mengambil sedikit unsur misteri baik misteri percintaan kedua tokoh utama maupun misteri pembunuhan di Secret Hotel tersebut.

Yoo In Na berperan sebagai seorang event manager di Secret Hotel bernama Nam Sang Hyo yang biasanya melayani pernikahan kalangan orang kaya, suatu kali ia mendapatkan klien yang diluar dugaan. Seorang wanita yang manja dan klingi mengajak calon suaminya Gu Hae Young (Jin Yi Han) yang tak lain dan tidak bukan adalah mantan suami Sang Hyo tujuh tahun yang lalu. Di hari pernikahan mereka, terjadi pembunuhan di hotel tersebut yang membuat pernikahan tersebut ditunda.

Yang awalnya saling membenci, tapi karena beberapa kejadian termasuk cinta segitiga dengan managing director Secret Hotel, Jo Sung Gyum (Nam Gong Min), mereka jadi dekat kembali dan bahkan menyelesaikan kesalahpahaman yang memisahkan mereka sebelumnya.

My Secret Hotel punya premis yang bagus, teknik pengambilan gambar yang unik (gue suka banget suasana sephia drama ini), tiga aktor dan aktris yang menarik dan soundtrack yang enak banget. Tapi sayang entah kenapa di paruh akhir, drama ini terasa diulur-ulur… Jin Yi Han berubah dari cowok yang jahil dan kuat menjadi super klingi sementara Yoo In Na jadi cewek plin plan yang ga bisa milih satu diantara dua pilihan. Di akhir acara gue merasa ada sesuatu yang kurang menggigit, walaupun tidak pernah mengeluh melihat Jin Yi Han lebih lama…

Discovery of Romance (KBS2: 18/08/2014 – 07/10/2014)

Screen Shot 2015-01-09 at 5.40.26 PMSaingannya My Secret Hotel, tapi entah kenapa pada akhirnya gue ngga menyelesaikan drama ini. Padahal konsepnya baru dan menarik, tapi kayaknya waktu itu gue lagi banyak kerjaan jadi cuma mampu menampung satu kdrama dalam satu waktu.

Seorang pria Kang Tae Ha (Eric) tiba-tiba ketemu ama mantan pacarnya Han Yeo Reum(Jung Yumi), ketika mantannya itu lagi nguntit pacar sekarangnya, Nam Ha Jin (Sung Joon), blind date di sebuah hotel. Pacarnya yang sekarang perfect abis: dokter bedah plastik, tinggi, ganteng, anak orang kaya; walaupun mantannya pun ngga kalah resumenya: arsitek, pemilik sebuah perusahaan konstruksi, tinggi dan ganteng juga. Di awal kita diperlihatkan bagaimana Eric dan Jung Yumi bener-bener ga tahan satu sama lain, tapi kemudian misteri putusnya mereka terkuak sedikit demi sedikit… walaupun gue ga tau akhirnya gimana, tapi gue yakin intinya menunjukkan apa yang selama ini mereka pikirkan tentang pasangan masing-masing tidak sesuai kenyataannya… dan semua lebih ke He Said She Said…

Kdrama ini dikemas unik karena di sana-sini diselipkan adegan-adegan wawancara dimana para karakternya berbicara menghadap kamera seolah-oleh sedang menjawab pertanyaan dari wartawan yang tidak terlihat. Mungkin… mungkin suatu saat akan gue coba untuk selesaikan. Karena yang gue denger cukup bagus kok.

She’s so Loveable (SBS: 17/09/2014 – 06/11/2014)

Screen Shot 2015-01-09 at 5.41.51 PMSadly, I dropped this drama halfway… salah satu alasan adalah setumpuk pekerjaan yang tiba-tiba menyerang tapi selain itu, Rain dan Krystal ngga bisa membuat gue ingin melanjutkannya; apalagi setelah gue melihat review yang kurang bagus tentang drama ini.

Rain adalah seorang produser musik yang kehilangan tunangannya setelah kecelakaan mobil. Hal ini membuatnya putus asa kemudian mengasingkan diri sampai suatu ketika handphone tunangannya berdering dan sebuah sms datang dari adik sang tunangan, yang rupanya tidak pernah ia temui. Merasa berutang budi, ia pun bertekad untuk membantu sang adik mencapai cita-citanya yang kebetulan adalah seorang penulis lagu.

Gue rasa, drama ini mengikuti bagaiman Rain membantu Krystal untuk mencapai cita-citanya itu dan kemudian jatuh cinta padanya di sepanjang jalan tersebut. Kalau gue mengikuti sampai selesai, gue rasa gue lebih suka kalau Krystal end up dengan L yang berperan sebagai anggota kpop idol yang kemudian diasingkan teman-temannya. Karena gue ngga nyaman dengan ide ‘turun ranjang’ itu. Hihi…

Mr. Back (MBC: 05/11/2014 – 25/12/2014)

Screen Shot 2015-01-09 at 5.41.20 PMTernyata banyak drama yang gue drop yaa? Drama ini juga salah satunya… cerita tentang chaebol kikir ala Mr Scrooge yang mengetahui bahwa orang dilingkaran dalamnya hanya menginginkan uang dan mengincar kekuasaannya. Karena satu dan lain hal ia mengalami keajaiban dan kemudian menjadi muda kembali; ia pun berusaha mengambil kembali apa yang ingin direbut orang-orang itu dan mengambil hati seorang wanita muda karena belum pernah dalam hidupnya ia merasakan cinta. (tapi punya anak?? Hmmm). Jang Nara memerankan wanita muda itu, dan seperti biasa… cantik dan selalu mengagumkan. Tapi selain dia, tidak ada yang bisa membuat gue mempertahankan drama ini, maka dengan sangat terpaksa gue drop dan beralih ke kdrama berikutnya…

Pinocchio (SBS: 12/11/2014 – ongoing)

Screen Shot 2015-01-09 at 5.47.08 PMDrama ini adalah contoh definisi dari ‘kdrama’; sebuah acara hiburan yang menyentuh di hati, mampu mengeluarkan semua emosi yang ada pada manusia: tertawa, terharu, marah, sedih. Bahkan ketika gue kira perhatian gue teralihkan oleh kdrama lain, ketika gue menonton episode terbarunya, kdrama ini tidak gagal dalam menarik gue ke dalam lautan emosi yang dikandungnya. Tidak mengandung kdrama klise seperti lelaki konglomerat dengan gadis miskinnya, tidak ada plot makjang yang sering kita lihat di kdrama atau sinetron… kdrama ini hanya membahas tentang etika pekerjaan sebagai reporter dan pentingnya sistem dukungan bagi seorang manusia. Kekasih, teman, keluarga… bahkan ketika keluarga itu tidak disatukan dengan darah, tapi kasih sayang diantaranya bisa membentuk seseorang dan menjauhkannya dari kejahatan.

Ki Ha Myung adalah anak dari seorang pemadam kebakaran, ia mempunyai seorang kakak laki-laki… kehidupan mereka begitu harmonis sampai suatu ketika ayahnya meninggal dalam tugas. Tapi alih-alih mendapatkan penghargaan, ayahnya malah dijadikan kambing hitam atas meninggalnya satu peleton pemadam kebakaran. Hal ini menghancurkan keluarga Ha Myung, Ibunya mengajaknya bunuh diri, ia terdampar di sebuah pulau sementara kakaknya mengira bahwa ia kini sebatang kara.

Beruntung Ki Ha Myung ditemukan oleh seorang kakek yang agak linglung dan mengira ia adalah anak pertamanya yang hilang di laut berpuluh-puluh tahun lamanya. Maka si kakek pun mengadopsi Ki Ha Myung dan mengganti namanya menjadi Choi Dal Po. Kakek ini memiliki anak lain dan seorang cucu perempuan – Choi In Ha. Setelah perceraiannya, anak keduanya itu membawa cucunya untuk tinggal bersama sang kakek. Choi In Ha ini memiliki suatu kelainan (fantasi) yaitu ketidakmampuan untuk berbohong, sehingga setiap kali ia berbohong ia cegukan, kelainan itu disebut sindrom Pinocchio. Berbeda dari penderita Pinocchion lainnya yang menjadi introvert, Choi In Ha malah menjadi seseorang yang selalu mengeluarkan pendapat terjujur sehingga dijuluki blunt talking witch – nenek sihir nyeplos (kira-kira begitulah). Maka Choi Dal Po pun bahagia karena ia kini memiliki ayah yang begitu menyayangi dan seorang teman seumuran; sampai ia mengetahui bahwa ibu Choi In Ha adalah seorang reporter yang begitu sadis memberitakan kesalahan sang Ayah, yang bisa dibilang membuat keluarganya hancur.

Bertahun-tahun kemudian, Dal Po masih hidup bersama keluarga itu dengan bahagia… drama mulai terjadi ketika In Ha berusaha menjadi seorang reporter dan Dal Po berakhir mengejar cita-cita yang sama. Mereka akhirnya bekerja di stasiun televisi yang berbeda. Di kehidupannya menjadi seorang trainee itulah In Ha mendapatkan seorang sahabat Seo Bum Joo dan mengetahui bahwa fantasi mengenai ibunya selama ini mungkin salah. Sementara Dal Po mendapatkan kesempatan untuk bertemu dengan kakaknya.

Seorang anak yang begitu membenci reporter karena telah menghancurkan hidupnya kini harus menelan ludahnya dan menjadi seorang reporter sendiri; dan seseorang yang tidak bisa berbohong harus melawan sentimen masyarakat yang memandang sebelah mata terhadapnya. Drama profesi ini mengikuti dua manusia untuk meraih cita-citanya sebagai seorang reporter, bagaimana perjuangan menghadapi tantangannya, mencari jati diri sebagai seorang reporter dan bagaiman mempertahankan idealisme dan etika pekerjaannya. Sesuatu yang sebaiknya ditonton oleh reporter Indonesia saat ini.

Gue suka semua tentang drama ini: premisnya, eksekusinya, semua karakternya, pace nya yang cepat, cerita cintanya, komedinya… sangat mengena dihati membuat kita ikut tertawa dan menangis sejadi-jadinya… kdrama kedua yang bisa membuat gue sesenggrukan setelah City Hall (*tunjuk episode 12… huaaaa!!) Ditulis oleh penulis yang sama dengan I Hear Your Voice, gue rasa gue punya penulis favorit baru dan pasti akan mengikuti semua dramanya. What a great way to closing up the year 2014.

 

 

 

Leave a Reply

