Daddy Long Legs (2005)

Just watch this old korean movie (hahaha! 2005, old??), and I am itching to talk about it. So here I am writing a review about it. Enjoy!

Review

  • Title: Daddy Long Legs
  • Release date: 13 Januari 2005
  • Cast: Ha Ji Won (Sex is Zero), Yeon Jeong Hoon, Hyun Bin (Woohoo! Pasti banyak yang jejeritan deh cewe-cewe, hehe)
  • Duration: 98 minutes
  • Language: South Korean (duh!)
  • Genre: Romance

Cha Young Mi, seorang gadis yang terpaksa hidup sendiri karena ditinggal oleh kedua orang tuanya sejak remaja. Dia melewati masa remajanya dengan bekerja keras untuk mencapai cita-citanya. Tapi tiba-tiba saja ada seseorang yang berbaik hati membantunya, mengirimkan sepatu, membayar uang kuliahnya dan memberikan hadiah-hadiah. Tapi sampai 10 tahun kemudian, Young Mi tetap tidak tahu siapa dewa penolongnya; dia hanya memanggilnya Daddy Long Legs.

Akhirnya Young Mi berhasil jadi apa yang dia cita-citakan, dia jadi penulis untuk suatu acara di radio dan diterima di radio berskala nasional. Untuk mempermudah pekerjaannya, produsernya menawari sebuah rumah kosong yang bisa ia tinggali gratis. Konon rumah itu milik seorang gadis yang juga bekerja di stasiun radio itu, tapi harus cuti panjang karena sakit.

Awal karirnya di stasiun itu, Young Mi menemui kesulitan terutama dari pembawa acara yang seorang mantan aktris yang harus pensiun karena mengalami kecelakaan; sampai sekarang dia masih pake tongkat dan perlu banyak make up untuk nutupin bekas operasi plastiknya (makanya orangnya aga cranky gitu!). Tapi di stasiun itu pula Young Mi ketemu sahabat sekaligus future room mate, dan seorang cowo pustakawan di kantornya.

Suatu hari, Young Mi minjem komputer yang ada di rumahnya… tiba-tiba dia terima email yang ditulis oleh cewe itu stahun yang lalu (jadi email-nya di set supaya dateng setahun setelah ditulis). Email itu dateng setiap hari yang intinya cerita tentang secret crush cewe itu ke seorang cowo. Dimana saking sukanya nih cewe, dia sampe berusaha untuk satu kampus dan satu kantor ama cowo yang dia sukain. Tapi kemudian cewe ini sakit parah yang menyebabkan dia akan kehilangan memorinya lalu pada akhirnya meninggal.

Mengetahui kisah cewe yang tragis dan mengharukan itu, Young Mi mengangkatnya ke acara radio (yang emang tentang percintaan gitu). Misteri tentang cowo misterius yang disukain tuan rumahnya, misteri tentang Daddy Long Legs – dewa penolongnya; keduanya ternyata saling bertautan dan di akhir film akan secara tidak disangka (tertebak) kaitan keduanya.

setiap orang punya cerita, kadang di cerita itu ada kita di dalamnya tanpa pernah kita tahu. alangkah senangnya jika suatu saat yang random kita melihat ke orang sebelah dan mengetahui cerita apa yang dia punya tentang kita… siapa tahu, cerita itu adalah cerita cinta yang selama ini kita inginkan. (ceileeehhh, mencoba sedikit jadi pujangga!Hahaha!)

Comment (a bit spoiler, but not too much kok!)

Wuaah!! Gue suka banget filmnya… walaupun (spoiler alert!) sad ending (end of spoiler), tapi I really… really… really appreciate the story line. Twist twist yang ada sangat tidak terduga dan ngga disangka untuk ukuran sebuah drama romance. But then again, menurut gue kmovie banyak yang mengangkat genre romance mystery kayak gini, ya? Seperti Il Mare a.k.a. original version of The Lake House.

Daddy Long Legs sendiri diambil dari novel karya Jean Webster dengan judul yang sama. Terinspirasi dari novel tersebut yang menceritakan tentang seorang gadis bernama Jerusha Abbot yang besar di panti asuhan. Saat ia akan masuk ke perkuliahan seorang dermawan menawarkan untuk membayari biaya kuliahnya karena menurutnya Jerusha atau Judy punya bakat jadi penulis. Novelnya sendiri bercerita tentang kehidupan Judy selama di perkuliahan itu.

Basically I love all about this movie but one… menurut gue editingnya aga-agak berantakan yah. Film ini khas film korea, yang sepi musik pengiring… (ngga kayak sinetron indonesia yang kadang gue rasa suka keramean musiknya, lagi ga ngapa-ngapain tapi musiknya dibikin dramatis gitu. Rada lebay ga sih?) tapi ketika ada musik yang ngiringin adegan, tiba-tiba aja adegannya ganti dan musiknya langsung ilang. This makes you feel that the scene has not actually ended yet, dan bikin ada perasaaan buru-buru waktu nontonnya. Ini doang sih yang agak mengurangi kenikmatan nonton. Mungkin kalo dipotongnya saat tempo lagunya turun, nggak akan terlalu berasa jadinya.

Tapi walaupun dengan editing yang berantakan, film ini tetap membuat gue berdecak kagum dengan endingnya yang ga ketebak dan bikin gue nangis karena ceritanya. Two thumbs up!! Worth to try…

Ending Story (spoilers abis)

Hahahaha… gue ga tahan untuk ga cerita akhirnya. Gue saranin buat yang belum nonton sih, jangan baca dulu. Karena akhir cerita nya yang jadi daya tarik terbesar film ini.

b

i

a

r

g

a

k

e

b

a

c

a

Jadiiii… misteri pertama kan tentang Daddy Long legs nya kan? Nah seperti yang kita sangka, orangnya pasti ngga jauh dan kenal ama heroine kita ini.

Misteri kedua adalah mencari cowo (played by Hyun Bin) yang ditaksir tuan rumahnya dia kan? Naah, awalnya tuh diceritain kalo cowo itu punya sandglass, dan karena satu dan lain hal sandglassnya jatuh ke tangan tuan rumahnya Young Mi. Cowo itu juga punya kebiasaan suka liat lukisan Kadinsky kebalik, naaah cewe itu ikut-ikutan deh. Suatu kali, cewe itu mau nawarin payung ke cowo yang lagi keujanan tiba-tiba cewe itu denger kalo gebetannya punya janji ama cewe, patah hati lah dia. Sejak itu ga berusaha untuk deketin, cuma liatin aja dari jauh sampai akhirnya divonis bakal kehilangan memorinya.

Nah, setelah Young Mi jadian ama cowo Pustakawan itu (Kim Jun Hoo)… Young Mi liat di atas meja kerjanya Jun Hoo ada sandglass dan ada replika Kadinsky (kalau kalian perhatikan detil-detil halus perbuatan Young Mi dan Jun Hoo, pasti bakal langsung ngeh… kalo ga ngeh kalian bakal mikir “oh iya yaa?”). Ternyata Jun Hoo adalah lelaki yang disukain tuan rumahnya. (flashback yang tadinya Hyun Bin, diganti sama Yeon Jeoung Hoon). Sedihlah si Young Mi dan memutuskan untuk jauhin pustakawan itu.

Karena satu dan lain hal, Young Mi tau bahwa dia masuk ke stasiun itu atas permintaan direkturnya. Which makes her think that the director is her Daddy Long Legs. Saat Young Mi mengkonfrotnya, direktur itu bilang bahwa selama ini Daddy Long Legs adalah adiknya, si Jun Hoo a. k. a the librarian. Whhaaatttttt???

Jadi ternyaataaaaa Daddy Long Legs = Tuan Rumahnya (yang dikira cewe) = pustakawan = Kim Jun Hoo = pacar Young Mi; yang berarti Young Mi = gebetan Tuan Rumahnya = Hyun Bin??? Hadduuuh bingung *gedek-gedek kepala. Semua flashback yang kita liat dari awal hingga pertengahan film pun berganti… Jun Hoo naksir Young Mi dari jaman SMA, struggle untuk masuk kampus yang sama, ngeliatin Young Mi dari jauh, bantu Young Mi dari jauh. Ketika pada akhirnya dia sakit, dioperasi dan kehilangan ingatannya… Jun Hoo ketemu lagi ama Young Mi dan jatuh cinta (lagi), tapi kali ini cintanya berbalas walau akhirnya meninggal. Aaaawwwww sniff sniff, I really do hate sad endings!

See??!! Bingungin kan, tapi bagus ya? (dengan asumsi kalo baca baris ini, berarti kalian udah nonton). Suka deeh…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s