There is no such thing as “The Best Thing of Being a Mother”

Duisburg, (originally wrote on) 17 October 2008

12:59 Ngeblog ditengah-tengah kardus…

Kemarin gue dapet comment dari sang orangeranger, which kinda make me feel struck by lightning (hihi hiperbol). But then I read and read my previous post, I realized something… I make motherhood looks scary!!! Setelah baca ulang tiga curhatan sebelumnya, gue jadi malu… all I do is complaining. Gue nulis cuma hal-hal berat tentang profesi baru gue ini. That’s why I write this blog, to show that motherhood is not at all scary… it’s… um… adventurous. hehehe…

Eventhough I complaint about Naila wanting me to hold her so often, the truth is… hugging her is one of my favorite things of having a baby. Gue mau pengakuan dosa niy, gue termasuk wanita dengan naluri keibuan yang telat dateng. Ada ibu-ibu yang begitu pegang newborn-nya langsung jatuh cinta dan keluar instingnya sebagai ibu, ada juga yang butuh waktu untuk bisa menyesuaikan dengan manusia baru. I am the latter. Tapi sekarang gue sangat menikmati meluk Naila, cium-cium, kusel-kusel… (ada bahasa indonesianya ga siy?? but I hope you understand what I mean). Ada perasaan hangat dan nyaman tiap kali gue kontak fisik ama dia (waduh… kok kayak vulgar ya?? hehehe ama baby lhow iniiiii!!), dan kayaknya kurang lengkap kalo gendong dia tanpa nempelin bibir gue ke pipinya yang empuk dan halus… cium baunya yang kadang bau gumoh tapi nyamaaaaan banget. Percaya atau engga, sensasi itu ngangenin banget…

My other favorite thing is breastfeeding… selain karena itu ajian ampuh untuk bikin naila berhenti nangis, tapi juga saat itu gue ngerasa dekeeeeeeeeet banget ama dia. Sambil ngelus-ngelus rambutnya yang ngga ada, sambil dia main-mainin tangannya… tenang banget rasanya. Kadang gue sambil berdoa, mudah-mudahan anak ini sayang terus ama maknya ini.

Yang ngga terkalahkan lagi kalo NaIla lagi ngoceh atau lagi ketawa… walaupun unpredictable banget kapan dia mau ketawa, dan ngga bisa dipamerin ke kakek nenek ocehannya. Kadang kalo moodnya lagi bagus tanpa sebab dia bisa ketawa-ketawa sendiri (ga gila kan ya anak gua??!), kalo udah gitu diapain aja ketawanya pasti makin ngakak. Cuma jangan harap yaaa bisa diulang… belum tentu kejadiannya sama ajah. Begitu juga dengan skillnya berceloteh, akan segera menghilang begitu kita deketin gagang telpon ke dia. Bukannya tambah kenceng cerewetnya, malah bengong ngeliatin corong microphone. Hehehe.

Another point of joy is when she gain new skill… seruuu banget rasanya waktu dia pertama kali tengkurep… atau tiba-tiba bisa merangkak maju… duduk sendiri… berdiri pegangan kaki gue. I literally held my breath when she first turn to her tummy side by herself. Rasanya banggaaaaa banget, dah kayak gue aja yang melakukan prestasi itu. Gue excited banget nunggu saat-saat dia bisa jalan, ngomong, mandi n pake baju sendiri, ke sekolah sendiri, lulus kuliah, nikah, punya anak… phiuh, I hope I’ll be around to watch it all.

The last –  well at least the last thing I COULD THINK OF – is the feeling of being needed. Gue rasa tiap orang butuh untuk merasa dibutuhkan, menjadi seseorang yang berguna untuk orang lain walaupun hanya segelintir atau bahkan cuma seseorang. Well by having a baby, I secure the factor. She definitely needs me. Hal itu bikin gue punya tujuan hidup baru… gue harus sehat hari ini untuk ngerawat dia, gue harus bahagia hari ini untuk membahagiakan dia, gue harus hidup – secara harafiah maupun konotasi- untuk kebutuhannya. Salah satu moment yang gue suka adalah saat gue baru pulang dan Naila senyum liat gue, merangkak ke arah gue dan minta digendong. It really makes everything worthwhile.

So you see, I don’t think that the terms “the best thing of being something” is applicable to this profession. Because everything IS the best thing in being a mom, even the hard part. And I am truly grateful that I can experience it all.

Leave a Reply

