My two Percent Baby!!!

Duisburg, (originally wrote on) 3rd 2008
19.52 (dengan tangan kesemutan, abis nidurin Naila… ;p)

Wuah, long time no see. Terakhir gue ngisi blog ini pas nyeritain pengalaman gue hamil 7 bulan. Well!! It´s official now!! I am A mother!! Alhamdulillah gue udah bisa bilang kalo gue tau rasanya melahirkan. Hehehehe…

My first labor was very unique… my daughter was born on her exact due date. Which is so rare to happen. People said that only two percent of pregnancy born on the due date. Hehehehe… my baby is a punctual baby after all.

She is also a good girl… due date-nya emang jatuh sekitar gue lagi jaman-jaman ujian. Tapi dua atau tiga minggu sebelumnya, gue kontrol ke dokter dan udah di´vonis´bukaan satu. Walah!! Paniklah gue saat itu, karena masi banyak banget ujian gue. Tapi gue memilih untuk pasrah, tetep belajar tapi kalo harus brojol… ya sudahlah. Tapi ternyata dia memilih untuk membiarkan ibunya ujian, dan baru lahir 2 minggu kemudian. What a sweet baby!!

Tanggal 6 Maret… 3 hari setelah bapaknya ujian terakhir, dan sehari setelah kita nyuci baju seabrek-abrek. Gue ngerasa ketidaknyamanan yang belum pernah gue rasakan selama hamil. Bukan sakit… tapi ngga nyaman. Walaupun hari itu gue ada jadwal kontrol, tapi gue udah rada panik, jadi gue minta suami gue buat nganter ke rumah sakit.

Jam setengah 7, ternyata gue udah bukaan 2, dan karena hari itu tepat due date lahir gue, alhamdulillah gue boleh stay di rumah sakit. Males aja gitu, kalo harus pulang lagi. Gue boleh `buka kamar`dan stay disana sampe pemeriksaan berikutnya jam 12. Selama nunggu beberapa kali gue naik turun tangga darurat ama hamung. Wuih… untung banget gue ga harus ngalamin semuanya sendirian. Thank God for him.

Jam 12 bukaan gue udah nambah 2 lagi… wuih, kok cepet ya? saat itu gue udah feeling gue akan melahirkan hari itu juga. Alhamdulillah Allah masi kasi ketenangan ke gue. Pasrah aja untuk apa pun yang akan terjadi. Gue sempet ditinggal pulang ama hamung buat ambil barang2… jadilah gue tinggal di kamar lagi. Nahan sakit yang makin lama makin sakit dan makin sering. Tapi sekali lagi alhamdulillah, Allah kasi ketahanan ke gue, jadi gue bisa ngerasa sakitnya biasa aja.

Jam setengah 4, gue masuk ke ruang bersalin yang auf Deutsch nya Kreis Saal. Ternyata udah bukaan 8. WoW!!! It will be anytime soon, now. Masuklah 2 bidan yang ngga bisa bahasa Indonesia (ya tentu saja!! Mereka orang Jerman geto!!) Hehehe. But they were very kind. They massaged me, gave me aromatherapy – which was good at the beginning, but when the pain came… no smell could overcome it. hehe…

Describing the pain: Hmmm… believe it or not, gue udah rada lupa sakitnya kayak apa. It is a combination of period pain and urge for `boker`hehehe… sampe lupa bahasa inggrisnya pup apaan. Buat cowo2 yang ngga pernah period siy, mungkin ngga kebayang ya kayak apa rasanya.

Sakitnya hilang timbul tapi frekuensinya makin sering dan pastinya semakin sakit. And then at some point, the pain felt soooo different. Gak tau ada kekuatan darimana, tiba-tiba ada sesuatu di dalam perut gue yang ngedorong dengan sangat kuat. At that point… fear comes to my mind. Because that is the first time I ever felt that kind of feeling. setelah diperiksa… ternyata anak gue udah pingin keluar. Bukaan 10!!

One thing about labour… ternyata kita boleh ngeden tuh kalo lagi kontraksi, alias lagi sakit. Naaah, kemarin itu… kontraksi gue kependekan, jadi belum sempet ndorong, sakitnya dah ilang. Akhirnya gue dikasi obat lewat infus buat memperpanjang kontraksi. O My Goood!!!! It was excruciating… sakiiit banget, sakit yang membuat lo ngga mau mikir. Bidannya sibuk ngomong macem-macem kasi gue semangat dan petunjuk, ga ada yang gue dengerin… yang ada gue trus nanya suami gue mereka ngomong apa. Hehehe…

Akhirnya baby ku mulai keluar. Mereka bilang, mereka bisa lihat kepalanya… beberapa dorongan lagi dia akan keluar. Pas kepalanya udah setengah di luar, tiba-tiba sakitnya ilang dan gue harus berhenti dorong. O MY Goodd!! My vagina was like open so wide and I should stooppp!!??!!! Itulah satu-satunya saat dimana gue berharap sakitnya cepet dateng. Hahahaha… It felt like forever.

Tapi akhirnya, 6 Maret 2008, 18.38, Katja Naila Ardiwiwoho lahir… 3170 kg, 50 cm. Wow!!! Ada benda sebesar itu, pernah hidup di perut gue. It is truly a miracle. Legaaa banget rasanya. Cape… tapi luar biasa bahagia.

Setelah itu Naila ditimbang, dibersihin, dimandiin bapaknya, trus sempet nyusu bentar. Walaupun belum ada ASInya, tapi sesaat setelah melahirkan katanya adalah saat yang paling baik buat menyusui, untuk stimulasi keluarnya ASI. Sambil Naila di bersihin, gue dijahit. Tapi Mann!!! Dokternya kaga dateng-dateng… periiih banget rasanya, dan rasa itu gue lebih ngga tahan dibanding rasa sakit pra melahirkan, akhirnya gue dikasi pain killer. Ketika saatnya mau dijahit, gue disuntiiik anasthesie. I hated sooo much. Sakiiiiit… tapi pasti lebih sakit kalo ga di anasthesi yaa?? Thank God for medical technology. Hehehehe… Jam setengah 10 akhirnya gue boleh balik ke kamar.

Maaan… that was the longest night ever. Ketika biusnya udah mulai ilang, baru dah sakit jahitannya kerasa. Bahkan untuk kentut aja gue takut. Hihihi, dan emang sakit. Belum sakit perut pasca melahirkan. Hehehehe… I thought labour was painful. Ternyataaa, setelahnya malah lebih merepotkan.

Well, melahirkan emang bukan pekerjaan yang mudah, tapi dengan bangga gue bisa bilang, gue pernah melakukannya dan tanpa PDA (pain killer yang buat melahirkan). Which I understand that it is an achievement here in Deutschland. Sang bidan sampe ngomong ke gue, kalo dia respect ama gue karena gue ga pake PDA. Hihihi, mungkin dia ngomong itu ke semua ibu, tapi tetep aja itu membesarkan hati gue yang lagi cape.

I didn’t need any PDA, because I had one beside me. Alhamdulillah banget gue punya suami yang baiiiiik banget. He sat beside me all the way through and encouraged me. I didn’t need any pain killer… I had his hand on mine. That was enough for me to stand and fight. Dan pada saat gue liat dia gendong anak kami, dengan muka bangga dan bahagia… dan bilang ke gue berulang-ulang kalo anak kami lucu banget. Itu udah jadi penghangat buat hati gue yaaaang paling manjur.

At the end of the day… I felt like the luckiest woman alive to have two most precious things in my life. My almost like miracle husband dan my two percent baby. Now my life is complete.

I love you so much…

Hamung Ardiwiwoho
Katja Naila Ardiwiwoho

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s