How to maintain a friendship??

Jakarta (originally wrote on) 22 Februari 2007

Hmmm…. judul di atas sangat amat bukan judul artikel tips bagaimana mempertahankan pertemanan. It is literally a question of how do you maintain all the friendship you have throughout your life.

Do you ever feel, that as we grow older we tend to loose our friend?? Waktu kita kecil, rasanya teman kita banyaaaaaaak banget. Tapi lama kelamaan, jumlah itu semakin sedikit dan sedikit. Well, gue ngerasa banget. Mungkin sedikit beda dari statement di atas, gue emang dari kecil ngga punya temen yang banyaaaaaaaaaaak banget. hehehe… Tapi dari kecilnya jumlah temen masa kecil gue pun, gue tetep kehilangan temen-temen gue dan akhirnya jadi sangat sedikit seperti sekarang.

Allah memang sangat kreatif, Allah bisa menciptakan berbagai macam manusia dengan berbagai macam karakter. Dengan beberapa bahan dasar dan sedikit ilmu matematika kombinasi dan permutasi (hehe ngaco!!) jadilah berbagai macam tipe manusia yang menyenangkan, menyebalkan, menakutkan, mengherankan dan kadang membuat kagum orang sekitarnya.

Gue, typical orang yang sangat penakut, cengeng, pendiem, pemalu. Type karakter-karakter Nerd di film-film Hollywood yang dikerjain dan diketawain para populerwan dan populerwati. Gue sering ngerasa ngga nyaman dengan sekeliling gue, alhasil gue lebih sering diem dan ‘ngga keliatan’ diantara orang-orang sekitar gue. Gue rasa, hukum perbandingan lurus berlaku disini… gue ngga punya banyak temen.

Kakak gue. Tipe – yang sering ditulis di kuis-kuis kepribadian – ‘penghidup suasana’. She always know how to act, what to say and how to respond. Semuaaa orang suka ada di sekitarnya. Semua orang pingin ngobrol sama dia, dan semua orang enjoy berinteraksi dengan dia. Kalo lagi ada acara keluarga niy… kebanggaan keluarga ada di dia, dia yang bisa jadi humas dari keluarga gue dan membuat orang tertarik padanya. Sementara gue, tikus kecil ini duduk di samping jadi penonton setia. Sekali lagi, hukum berbanding lurus terjadi disini… she has tons of friends.

My Dad, My Mom and My Brother; dalam soal pertemanan ketiga orang ini punya keberuntungan yang sama. Bokap ama Adek gue, adalah orang-orang yang cuek, yang gue rasa ngga akan segan untuk ngomong apa pun yang ada di pikiran mereka temen mereka. Even kalo itu artinya ngusir mereka dari rumah gue karena mereka annoying. That… I could never do!! Nyokap gue… she stated herself a soliter person, and I think she is proud of it. She used to tell me that she didn’t have many friend as well, which make me relieve and believe that it is hereditary. But guess what?? Hukum berbanding terbalik berlaku disini… they too have tons of friends. (Hmmm… mulai mikir gue!!)

Suami gue tercinta, seseorang yang mengaku dirinya cuek, pendiem dan suka seenaknya. Secara logika… gue rasa ngga ada yang mau temenan ama dia. Ternyata ini semua cuma kasus rendah hati semata. He turns out to be a very sensitive, caring and talkable person. The best of friend I’ve ever met. Walaupun dia kadang bisa jail banget, tapi perhatian yang dia kasi di lain waktu menghapuskan segala hal menyebalkan tentang dirinya. Hmmm… it does not need further explanation, he has tons of friend.

My bestfriends!! Let’s see… there’s this STAR; She is a shinning star that attract people to get to know her. Sebagaimanapun fisiknya, mereka sangat bisa menarik perhatian sekitarnya even dari jauh. membuat orang tertarik untuk tetap berhubungan dengan mereka. Well, I am fully understand why. Like my sister… mereka orang-orang yang rame, yang menarik untuk diajak bareng, yang sayang untuk dihilangkan. No wonder that they too… have many friends.

My other bestfriends… the humble one. Yang ngerasa sama seperti gue. Sama-sama suka awkward di sekitar orang lain, yang suka ngerasa ngga nyaman sama sekelilingnya, yang juga ngerasa ngga punya temen. Hehehehe… little does she know, that I think she is soooo not like that. I think she really belong to with the STAR but thinks that she is a mouse like me.

Okay… now that I have elaborate the people around me. I get to the point of my writing!!! Panjang juga yaaa???

Here’s my thought….

As far as I am concern, I am not stupid. I have my own thoughts, I (sometimes) read newspaper, I watch TVs, I know much of juicy gossip, I know how to operate computer, internet explorer, yahoo messenger, google. Well… bottom line is that I am not stupid. And the people around me are not stupid… sooo… Intellegencia is not a factor in maintaining friendship. Buktinya, Paris Hilton yang menurut gue ngga terlalu pinter pun bisa punya banyak temen?? Hehehehe…

Gue selalu berusaha untuk buat semua orang suka ama gue, tapi adek gue, bokap gue, suami gue kadang mengatakan sesuatu yang bikin gue mikir: “Oh My God!!?? Did you really just said that?? Could you really said that (or done that) to people??” Dan kadang, orang yang paling menyebalkan buat gue, masi punya temen lebih banyak dari gue. Nice girls dont always make lots of friends. Sooo… attitude is not a factor to maintaining friendship. This is something that is hard to believe, for those of you who have better arguments, please stand up!!!!

Jadi, gimana dong caranya dapetin dan pertahanin temen-temen? Gimana caranya supaya temen-temen kita tetep tertarik buat menghubungi kita. Gimana caranya supaya orang-orang baru tertarik untuk berteman dengan kita? Cape banget ngga siy, kalo bersosialisasi aja perlu strategi marketing??

Beberapa waktu yang lalu gue baca novel judulnya Perfume. Sebenernya ini novel thriller pembunuhan tentang seseorang yang punya obsesi berlebihan terhadap aroma. Tapi ada satu hal yang dibahas oleh Patrick Suskind – pengarangnya. Grenouille – tokoh utama di buku ini – menciptakan parfum untuk tubuh manusia. Tapi bukan parfum-parfum jaman sekarang yang ada gambar Britney Spears, Beyonce Knowles dan Paris Hilton. Tapi parfum bau manusia untuk segala kondisi. Dia bisa pake parfum A supaya disukai oleh banyak orang, atau parfum B saat ingin menghindari orang lain karena tiba-tiba saja mereka ngerasa jijik dengan tokoh kita itu.

Okay… that is fiction, I know!!! I am not that pathetic!! Tapi karangan itu menyadarkan gue. Apa mungkin ‘aroma’ itu mempengaruhi banyak atau sedikitnya temen kita selama hidup. Atau, untuk bisa bikin blog ini ngga keliatan gila… gue coba ubah kalimat gue. Apa mungkin, tiap orang punya faktor x yang membuatnya punya banyak temen atau faktor x lainnya yang menjadikannya seseorang yang kaku seperti gue??

Apa mungkin seseorang memang ditakdirkan untuk punya temen sedikit sementara yang lain, digariskan untuk punya banyak orang disekelilingnya? We know that love needs two people and chemistry… apa mungkin persahabatan juga?? Dan untuk orang-orang seperti gue, I dont have enough chemistry for tons of people, just a few.

Well, kalo emang itu yang terjadi… we should just try to make us feel good about ourselves. Maybe, by doing so… people will start to see the way we see ourselves. I have to learn to accept and appreciate that, I am not a ‘crowd’ material. Bukan pembangkit suasana seperti sang kakak atau binta seperti para sahabat. Dan mungkin gue ngga akan pernah jadi seperti mereka seberapa pun besar dan maksanya usaha gue.

Gue cukup puas, dengan kekuperan gue ini… gue bisa punya keluarga unik yang menghargai gue. Gue bisa punya sahabat-sahabat bintang yang membuat gue kagum. Dan gue bisa punya suami yang sempurna yang kadang bikin gue mikir: “What the hell is he doing with me??!” hehehehe… Semuanya blessing yang sangat besar buat gue, dan semuanya ngga peduli apakah gue punya banyak temen atau engga, karena mereka tetep ada di samping gue apa pun yang terjadi. Dan gue rasa… gue ngga akan melepaskan apa yang gue punya sekarang demi punya temen banyak.

I am what I am… and that is what other people must handle. Not me!

Leave a Reply

