Dedicated to the worst tragedy in education… Virgina Tech April 16th 2007

Duisburg, (originally wrote on) April 21st 2007…

It has been so long since my last writing… lagi ngga ada yang pingin gue tulis. Until recently, something happened. Jauh siy dari posisi dan lokasi gue saat ini… tapi gue rasa ngga banyak orang yang bisa ngelewatin berita ini. Pembunuhan massal di kampus Virginia Tech. Blacksburg. 32 were killed including the gunman and a fellow Indonesian. A man who was pursuing his dream, had to let it all go.

This was a tragedy… semua orang menyesalkan kejadian ini. Tapi ada satu hal dari yang sedikit gue tau tentang hal ini. A coverage story named O´ Reilly or someting, did a piece of Cho Hueng Suei – the gunman, what I don´t like about it… acara ini berusaha memberikan statement dan mendoktrin massanya bahwa pembunuhnya adalah orang KOREA dan bukan AMERIKA. Amerika adalah negara yang baik dan taat hukum… 90% penduduknya taat hukum dan hanya 10% yang menjadi penjahat, sebuah nominal yang sama dengan semua negara di dunia.

I think… this is why, a person like Cho Hueng Suei is formed. Billy O´Reilly menyerang kebangsaan Cho, korea. Padahal Cho dibesarkan di Amerika. Which is pretty much affecting the kind of individual he is now. What I´m trying to say is, kenapa sih harus diliat si Cho ini orang Amerika atau bukan… karena setau gue, kasus campus shooting di Amerika bukan sekali ini aja, dan most of the cases are performed by Americans.

Bukannya lebih baik yha kalo yang dibahas adalah kenapa hal ini bisa terjadi? Apa yang salah dari lingkungan atau sistem pendidikannya?? Gue rasa hal itu akan lebih berarti dan berguna dibanding hanya memaki-maki anak umur 23 tahun, manggil dia Losers di siaran nasional, padahal orangnya sendiri sudah meninggal. Pfhhh!!! Call THAT eficiency!!!! (rolled eyes)

Okaaay… this is what I think. This is an opinion from a civilian with no political backgrounds and has no knowledge and whatsoever on Second Amandment of USA…

Mungkin gue aja yang terlalu percaya film-film America -ada satu film yang sangat relevan ama kejadian ini: Bang Bang You´re Dead– tapi menurut gue, menuntut ilmu di Amerika bisa jadi pekerjaan yang berat. Entah kenapa… peer preasure di negara ini jauh lebih besar daripada di Indo. Selama yang gue pelajari dan gue rasakan di Indo, peer preasure is about smoking, drug consumption, or just the matter of looking good, rich, sophisticated, etc. Dan kalaupun seseorang dianggap sebagai “abnormal” di kalangannya… we… uhm.. we talk behind their backs. Well, at least we dont throw them into the trash cans or shove their heads into the toilet….

That is what happen in that film BBYD… bisa kebayang ngga siy gimana perasaan seorang remaja yang katanya lagi mencari jatidiri mendapat perlakuan seperti itu?? Depressed… Frustrated… dan untuk beberapa kasus, mentally ill. Sekarang… kita ngga akan pernah tau yang mana yang memiliki kencenderungan mentallly ill dan yang mana yang engga… yang terpenting adalah, ngga melakukan hal itu ke SEMUA orang.

Gue ngga tau, gimana siy rasanya hidup di America… apa iya land of the hope sebegitu kerasnya sampai sampai remaja disana tumbuh sebagai remaja yang kasar dan ngga menghormati sesamanya… Ngga ada kah cara buat nanemin ke setiap anak untuk bisa mencintai dirinya sendiri apa adanya, untuk bisa nerima kekurangan orang lain dan menghormati kekurangan itu. Or at least… seperti kata sahabat gue: IF YOU CAN´T SAY SOMETHING NICE TO SOMEONE, YOU MIGHT AS WELL SHUT UP.

Well.. gue ngga membela apa yang dilakukan Cho, mau bagaimanapun kasusnya… mengambil nyawa yang diberikan oleh Tuhan itu salah. He was sick… He needed help… He and he alone. There is no used for taking it into racialism issue. That thing could happen to anyone, American or no American…

I know… there are a lot of kids who have the same feeling as Cho. But not all of them shoots their friends during classes… what went wrong with Cho??

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s